Senin, 11 Mei 2009

Tips Meningkatkan Fungsi Otak dan Mempertajam Ingatan

Menurut Daniel G. Amen, M.D., penulis buku Making A Good Brain Great, kita bisa mencegah dan membalikan penurunan otak. Stimulasi mental meningkatkan fungsi otak dan yang terpenting melindungimu dari kemunduran kognitif otak. Bertambahnya usia berhubungan dengan kehilangan memori atau kemampuan motorik disebabkan oleh otak yng tidak beraktivitas, tanpa latihan mental dan stimulasi. Untuk mencegh dan mengembalikan caranya dengan melatih dan melindunginya. Ini 13 strateginya menguatkan otak :
1.Puzzle
Box hitam dan putih ini juga dapat disebut sebagai senam mental. Puzzle adalah bagian penting dari gaya hidp sehat dan dapat meminimalkan resiko terkena Alzheimer. Dengan memecahkan puzzle secara rutin membuat otakmu tetap muda dan menghindari dari fenomena “brain-aging” atau penuaan otak.

2.Kubus Rubik
Memecahkan kubus kubik membutuhkan banyak kemampuan kognitif otakmu. Mengetahui aturan-aturanya membantu kita mempelajari pola memecahkan kubus dan melatih gerak secara berulang sangat membantu “otak memori”. Setiap kamu ingin mencoba memecahkan kubus rubik, pikiranmu akan mencoba mendeteksi penyelesaian,yang dimana membantu mempercepat usaha pemecahan selanjutnya.

3.Olahraga tenis dan dansa

4.Hindari benturan kepala

5.Makan ikan (sumber protein dan DHA) 2 kali seminggu, perbanyak konsumsi makanan yang mengandung antioksidan dan vitamin B

6.Kurangi alkohol dan kafein

7.Lakukan aktivitas menantang dan cepat seperti belajar bahasa asing, main video game, merajut atau belajar alat musik
8.Kurangi nonton TV atau menyendiri
9.Biasakan bekerja dengan efektif dengan kurangi multitasking, hilangkan gangguan, temukan flow kerja dan mengurangi kecepatan
10.Redakan stres
11.Rileks secara konstruktif
12.Dapatkan tidur cukup

Strateginya mempertajam ingatan yaitu dengan ubi merah. Ubi merah tak layak dipandang sebagai makanan kelas dua. Meski harganya murah, ubi merah banyak mengandung zat gizi dan zat antioksidan. Semakain merah, semakin tinggi kandungan betakarotennya. Selain kaya serat, vitamin A, vitamin C, vitamin E dan antioksidan (betakaroten), ubi merah juga mengandung asam folat dan vitamin B6 (piridoksin). Kedua anggota vitamin B ii membantu meningkatkan performa kerja otak dan mempertajam daya ingat.
Ubi merah Panggang (untuk 4 porsi)
Bahan :
600 g ubi merah/jingga, potong dadu 2 cm
2 sdt minyak zaitun
2 sdm madu
1 sdt adas manis
½ sdt kayumanis bubuk
2 sdm yogurt tawar/rasa vanilla

Cara membuat :
1.Panaskan oven adan siapkan loyang tahan panas. Sisihkan
2.Campur ubi merah bersama minyak zaitun, madu, adas manis dan kayu manis bubuk. Aduk rata.
3.Taruh ubi berserta bubuk perendam ke dalam Loyang. Panggang dalam oven panas selama 30 menit sampai ubi matang
4.Sajikan hangat bersama yogurt



1 komentar: