Jumat, 08 Mei 2009

Manfaat Madu Untuk Kesehatan

Madu tersusun atas beberapa senyawa gula seperti glukosa dan fruktosa serta sejumlah senyawa seperti magnesium,kalium, kalsium, natrium, klor, belerang, besi dan fosfat. Madu juga mengandung vitamin B1, B2, C, B6dan B3. Menurut sumber kepustakaan, setiap 1000g madu bernilai 3.280 kalori. Nilai kalori 1 kg madu sama dengan 50 butir telor atau 5.575 susu atau 1.680 kg daging.
Manfaat madu yaitu:
1.Mudah dicerna
Karena molekul pada madu dapat berubah menjadi jenis gula lain (misalnya sukrosa menjadi glukosa), madu mudah dicerna oleh perut yang paling sensitif sekalipun, walaupun memiliki kandungan asam yang tinggi. Madu membantu ginjal dan usus untuk berfungsi lebih baik.

2.Menambah tenaga
Meskipun dibandingkan dengan jumlah gula yang sama, kandungan kalori madu 40 % lebih rendah, walaupun memberikan energi yang lebih besar, madu tidak menambah berat badan. Kandungan gizi utama madu yang terdiri dari senyawa karbohidrat seperti gula fruktosa ( 41,0%), glukosa (35%),sukrosa(1,9%) dan dekstrin (1,5%) akan nemambah asupan energy yang diperlukan.

3.Memperlancar fungsi otak
Jika dicampur air hangat, madu dapat berdifusi ke dalam darah hanya berselang tujuh menit setelah dikonsumsi. Molekul gula bebas dalam madu membuat otak berfungsi lebih baik karena otak merupakan pengkonsumsi gula terbesar.

4.Membantu pembentukan darah
Madu banyak menyediakan energi yang dibutuhkan tubuh untuk membentuk sel darah. Madu juga dapat membantu pembersihan darah. Madu berpengaruh positif dalam mengatur dan membantu peredaran darah. Madu juga berfungsi sebagai pelindung terhadap masalah pembulu kapiler dan arteriosklerois



1 komentar:

  1. madu memang banyak gunanya.btw katane madu bisa buat ngilangin jerawat.bnran g sih? klo iya kceh tipsnya donkz!

    BalasHapus