Rabu, 06 Mei 2009

Strategi Menghadapi Mood Buruk

1.Jangan acuhkan perasaan kamu
Kalau kamu marah, cobalah rasakan kemarahanmu, berdiam diri sejenak dan ambil nafas dalam-dalam. Fokus pada penyebab mood kamu jado jelek, apakah disebabkan oleh seseorang atau hal lainnya. Lalu cari jalan keluarnya.

2.Berbagi dengan orang lain
Kalau sedang tidak mood cobalah telepon seseorang dan curhat apa yang menyebabkan mood kamu jadi jelek. Pilih orang yang bisa membuat kamu tersenyum, bisa temen, ibu atau kakak. Jangan curhat sama orang yang malah memojokan kamu. Dengan berbagai cerita, perasaan kamu akan lebih baik.

3.Menangis
Dengan menangis, seluruh perasaan mengganjal, rasa marah atau tegang bisa keluar. Biasanya, setelah menangis mood akan kembali baik dan kamu bisa lebih rileks.

4.Olahraga
Latihan-latihan ringan bisa membantu memperbaiki mood. Saat berkeringat, tubuh mengeluarkan zat endorphine, yakni zat yang bersahabat dengan otak dan mampu menghilangkan rasa sakit. Pelepasan zat kimia alami tubuh ini membuat tubuh merasa nyaman, sehingga mood kembali ceria.

5.Berfikif Positif
Dengan berfikir positif, kamu akan dengan cepat mengusir bad mood. Cobalah mengingat hal-hal yang membuat kamu senang dan bersemangat. Ingat berfikirt buruk hanya akan memperparah mood kamu, karena orang cenderung terpengaruh dengan apa yang mereka pikirkan.

6.Nutrisi Pengusir Bad Mood
Jika perasaan bĂȘte, sedih tanpa alasan yang jelas muncul, cobalah mengkonsumsi makanan yang mengandung serotonin (hormon penenang). Biasanya ditemukan pada makanan yang mengandung zat tepung seperti gandum, kentang, biji-bijian,pisang, buah labu, sayuran hijau, daging merah & daging ayam, Ice Cream dan Cokelat. Sedangkan makanan yang bisa membuat mood semakin buruk yaitu :
a.Alkohol, gula dan kafein. Saat bad mood melanda, hindari ketiganya karena makin memperburuk suasana hati.
b.Jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar lemak tinggi dan makanan yang mengandung kadar omega 3



Tidak ada komentar:

Posting Komentar