Sabtu, 02 Mei 2009

seputar diet & kesehatan

Tips Menyimpan Obat
1.Jangan menyimpan obat racikan (puyer) dalam lemari es, karena dapat membuat obat menjadi lembab
2.Hindari menyimpan obat di tepat hagat atau terkena cahaya matahari
3.Jangan meninggalkan obat didalam mobil yang sedang di parkir. Panas matahari yang ada dalam mobil dapat menyebabkan obat mengalami kerusakan
4.Buanglah sisa antibiotik dari dokter. Jangan menyimpan untuk diapkai lagi di kemudian hari. Pemakaian berulang dapat menimbulkan kekebalan kuman, berbagai efek samping dan belum tentu cocok untuk infeksi yang akan terjadi kelak.


Jalan di Pasir 
Berjalan di pasir pantai tanpa alas kaki, bisa membakar kalori lebih banyak karena pasir menyerap getaran lebih banyak ketimbang berjalan di aspal. Berjalan diatas pasir membuat otot-otot bekerja lebih keras. mendaki bukit pasir dapat mengencangkan otot bokong. Mulailah jalan perlahan-lahan dalam jarak pendek 1,5 – 3 km (pulang pergi). Aktivitas ini bisa membakar 250 kalori per jam. Untuk mengencangkan paha, berjalanlah di air sedalam betis sampai pinggang.


Keju Untuk Diet
Keju dianggap musuh utama bagi yang sedang diet karena mengandung lemak dan kalori tinggi. Namun keju juga mengandug kalsium yang bagus untuk tulang. Pada keju juga terdapat asam linoleic, lemak baik yang berfngsi mengurangi resiko penyakit kanker, jantung dan diabetes. Asam ini justru mencegah penumpukan lemak. Pilih keju yag beraroma kuat, seperti keju feta, blue cheese parmesan, sehingga dengan porsi sedikit lidah sudah terpuaskan. Atau kalau suka, pilih keju dari susu kambing, yang hanya mengandung 23 kalori/ons daripada cheddar yang per ons-nya mengandung 114 kalori


Ponsel Lebih Berbahaya
Merokok memang berbahaya bagi kesehatan, tapi pemakaian ponsel jauh lebih membahayakan. Dr Vini Khusana, seorang ahli bedah syaraf menyebutkan radiasi ponsel dapat lebih membunuh ketimbang bahaya merokok. Menurut Vini, data dar 10 tahun terakhir, semenjak pemakaian ponsel mulai menjamur, jumlah penderita kanker otak meningkat dua kali lipat! Kesimpulannya, ada hubungan erat antara tumor otak dengan pemakaian ponsel. Yang paling menghkawatirkan resiko terbesar adalah pada anak-anak. Jadi tak ada salahnya Anda mulai mengurangi pemakaian ponsel.

Probiotik & Soya Shake  
1.Probiotik  
Dalam saluran pencernaan manusia terdapat sekitar 500 spesies bakteri baik dan jahat. Bila jumlah bakteri jahat lebih besar, akan timbul gangguan seperti sariawan, perut kembung, sembelit, dan diare. Untuk meningkatkan bakteri baik, sangat dianjurkan mengkonsumsi probiotik, yaitu suplemen mikroba hidup yang dapat menyeimbangkan bakteri dalam usus. Probiotik ini terdapat pada yogurt, keju, susu sapi dan jus. Bila jumlah probiotik terlalu besar, ia akna keluar dari tubuh secara otomatis melalui kotoran. So, sebaiknya rutin memasukan jenis makanan ini dalam menu Anda sehari-hari
2.Soya Shake  
Minum segelas susu kedelai sehari ternyata bagus untuk menghindari perut dari lemak. Sebuah penelitan yang diumukan dalam pertemuan tahunan America Society for Reproduction Medicine menyebut, minuman berbahan dasar kedelai membuang lemak yang berakumulasi di perut. Termasuk susu kedelai. Zat naabati pada kedelai menghambat proses kelebihan gula menjadi lemak, efeknya perut terhindar dari lemak berlebih. Produk turunan dari kedelai seperti tofu bahkan dikatakan dapat menghambat resiko kanker ovarium dan penyakit jantung. 


Hindari Minuman Bersoda
Banyak orang menyukai minuman bersoda. Tapi, sebelum memutuskan untuk jadi penggila soda (soda addict) ada baiknya membaca informasi berikut ini tentang soda :
1.Soda menyebabkan tulang rapuh. Sebuah studi menemukan, wanita yang mengkonsumsi minuan soda tiga kali dalam seminggu selama bertahun-tahun ternyata memiliki kepadatan tulang yang lebih rendah dibandingkan mereka yang mengkonsumsi air putih. Minuman soda berkarbonasi bisa membuat gigi keropos dan rapuh

2.Soda mengandung banyak gula. Dalam satu kaleng soda terkandung sembilan sendok teh gula. Sementara tubuh tidak boleh mendapatkan gula lebih dari empat sendok teh per hari. Kalau kita doyan soda banget berarti kita memiliki 31% resiko lebih besar terkena obesitas dan 30% untuk menaikan berat badan. Hal ini terjadi karena rasa minuman soda membuat seseorang ingin mengkonsumsi makanan manis dan berkalori tinggi.

3.Sebuah penelitian yang dilakukan Asosiasi Diabetes AMreika menunjukan bahwa wanita yang mengkonsumsi soda lebih dari satu kaleng per hari beresiko dua kali terkena diabetes tipe dua dalam jangka waktu empat tahun ke depan. Di samping itu, wanita yang rutin mengkonsumsi soda berat tubuhnya akan meningkat.

4.Menurut penelitian terbaru di Amerika Serikat, seseorang yang sering mengkonsumsi soda diet beresiko lebih besar menderita tekanan darah tinggi dan memiliki timbunan berlebih disekitar pinggang. Orang dewasa yang mengkonsumsi satu kaleng soda diet per hari memliki 50% - 60% resiko mengidap tekanan darah tinggi atau lemak menumpuk yang merupakan pemicu penyakit jantung dan diabetes.

Stres Bikin Lelah
Stres memang bisa membuat tubuh kita begitu lelah. Anda bisa mengatasinya dengan mengubah berbagai aktivitas rutin sebagai latihan relaksasi. Misalnya, saat Anda mengambil segelas air, sebaiknya jangan langsung diteguk. Cobalah mengabil nafas dalam-dalam selama beberapa menit. Ini akan membuat tekanan menurun dan Anda pun siap menghadapi situasi penuh tekanan ini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar