Senin, 11 Mei 2009

Penyakit Psikologis Sekaligus Fisik Akibat Diet Tak Seimbang

1.Body Dysmorphic Disorder (BDD)
BDD adalah kondisi terobsesi, hingga muncul pikiran-pikiran buruk pada alam sadar seseorang tentang penerimaan diri sendiri terhadap keadaan tubuhnya. Pengidap penyakit ini sering cemas dan membesar-besarkan hal-hal yang sebenarnya kecil. Misalnya jerawat kecil yang sebenarnya tidak terlihat. Kadang penderita penyakit ini merasa teramat sangat jelek dan tidak pantas ditatap oleh orang lain. Ini acap membuatnya menghindar atau menyendiri.

2.Anorexia Nervosa dan Bulimia Nervosa
Kedua anggapan makan ini sangat mirip. Bedanya penderita anorexia cenderung sangat kurus dan underweight. Ini karena mereka sangat takut gemuk sehingga hampir sama sekali tidak makan. Sedangkan penderita bulimia., mereka tetap makan namun kemudian dimuntahkan kemabali. Penderita kedua gangguan makan ini biasanya juga melakukan olahraga yang berlebihan.

3.Binge Eating Discover dan Compulsive Overeating
Penderita kedua penyakit ini cenderung melampiaskan segalanya pada makanan. Mereka mengkonsumsi makanan dalam jumlah berlebih namun dalam waktu singkat dan tidak terkontrol. Mereka merasa tidak bisa berhenti makan. Resikonya bisa terkena obesitas, diabetes, tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar