Senin, 11 Mei 2009

Tips Atasi Hasrat Belanja

Gimana seh caranya biar kita kalau pergi ke Mall hasrat ingin belanja bisa diatasi? Susah banget kan ketika lihat barang sana-sini bagus dan menggiurkan untuk dibeli. Mau tahu gimana caranya. Lihat tips berikut ini…
1.Tinggalkan kartu kredit dan kartu ATM ketika berangkat belanja. Untuk membayar, hanya gunakan uang tunai. Jangan lupa selipkan di tempat lain uang untuk transportasi, just in case Anda `gelap mata`.

2.Jika melihat barang yang amaat sangaaat Anda inginkan, jangan segera beli. Pergilah ke tempat lain. Tenangkan diri. Beri kesempatan pada diri Anda untuk menelaah, apakah Anda benar-benar menginginkan barang itu. Kalau perlu, pulanglah. Bila dalam dua tiga hari Anda masih terbayang-bayang barang itu, barulah Anda kembali ke sana itu. Bila tidak, kuatkan diri untuk menabung dan kembali lagi bulan depan.

3.Buatah anggaran belanja tiap bulan secara tertulis dan setiap hari melakukan pengeluaran di luar anggaran, masukkan dalam daftar `pengeluaran nakal`. Ini akan mengingatkan Anda berapa uang yang sudah Anda buang untuk hal-hal yang tidak penting atau sebaliknya, jangan-jangan anggaran belanja yang Anda buat belum lengkap

4.Buatlah analisis anggaran setiap minggu. Ini untuk menahan Anda miskin di tengah jalan. Anda akan tahu berapa sisa uang Anda setiap akhir minggu.

5.Bila Anda merasa tertekan dengan segala hitungan itu, bisa jadi Anda sebenarnya sudah membutuhkan seorang penasihat keuangan.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar