Jumat, 01 Mei 2009

7 Langkah Menuju Kaya

Parjalanan panjang dimulai dari sebuah langkah kecil. Untuk jadi kaya, mulailah dengan kebiasaan kecil seperti saran Dr Lois P. Frankel, PhD penulis buku best seller Nice Girls Don’t Get Rich
1.Rekening khusus
Rekening Anda harus steril dari pengeluaran-pengeluaran rutin. Setiap kali Anda menerima penghasilan atau hasil investasi, sejumlah dana mesti masuk ke dalam rekening ini. Jangan hanya menunggu dana sisa baru ingat menabung, tapi cobalah memprioritaskan untuk menabung terlebih dahulu sebelum membiayai pengeluaran lain. 

2.Bayar Tunai
Jangan sampai mengandalkan kartu kredit untuk berbelanja. Sebagian orang tidak tahu seberpa besar uang yag telah dikeluarkan dalam seminggu bahkan sebulan karena mereka melakukan bagitu banyak pembelian dengan kartu kredit. Terapi ini akan membuat Anda berfikir dua kali sebelum uang meluncur dari tangan Anda.

3.“Tidak, terima kasih”
Ada saat tertentu mengatakan “tidak”, tapi bibir mengatakan “ya”. Hal ini biasa terjadi ketika Anda terlibat secara emosional dengan orang yang mengajukan permintaan. Jika seseorang membuat Anda merasa bersalah akrena tidak melakukan sesuai keinginannya, cobalah bertahan. Anda bisa menolaknya dengan mengatakan “Tidak, terima kasih” tanpa perlu memberi alasan.

4.Perluas Wawasan
Salah satu penyebab utama sebagian besar perempuan kurang agresif dalam berinvestasi adalah kurang pengetahuan tentang investasi. Sehingga Anda merasa takut dan ragu-ragu untuk melakukannya. “Nanti uangnya tidak kembali lagi, nanti kalau rugi gimana?”. Satu-satunya cara untuk mengatasi rasa takut berinvestasi adalah dengan memperluas wawasan dan mengedukasi diri. 

5.Think First
Perempuan dan belanja, seperti dua keeping mata uang yang tak terpisahkan. Jika orientasinya menabung, berarti tidak bisa dong berbelanja? Ah siapa bilang. Jika Anda berniat membeli sesuatu yang harganya mahal, bagi harga barang tersebut dengan jumlah berpaa kali Anda berencana menggunakannya.

6.Tetapkan Batas Belanja
Beri batasan anggaran ketika Anda ingin berbelanja, berlibur atau memberikan hadiah. Cobalah patuhi batasan yang dibuat, jangan sampai melebihi hingga membobol tabungan. 

7.Batasan Waktu
Jangan sampai boros waktu. Jika janji Anda adalah 30 menit, patuhi waktu itu. Dengan saat pada waktu saat bertemu klien, relasi atau pasien, Anda dapat bertemu dengan lebih banyak orang dalam sehari. Dengan begitu kesempatan untuk memperoleh uang tambahan pun semakin besar. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar