Minggu, 03 Mei 2009

Posisi Berbahaya Menyebabkan Kegagalan Bisnis

Anda pasti tahu sekitar 60-70% dari komunikasi yang kita lakukan bersfat nonverbal. Menguasai bahasa tubuh dan cara menggunakannya secaratepat sangat penting ketika melakukan aktivitas bisnis.

1.Tidak Memandang
Mata adalah bagian dari tubuh manusia yang paling ekspresif. Membuat kontak mata sangat penting untuk interaksi social. Untuk mempertahankan kontak mata tanpa terkesan menatap dan menciptakan rasa tidak enak pada lawan bicara, pertahankan kontak mata antara 1 sampai 10 detik. Pertahankan lebih lama jika mendengarkan orang bicara. Menghindari menatap mata lawan bicara bisa dianggap tidak jujur, gelisah atau tidak tertarik. Lebih jauh lagi Anda akan dianggap meremehkan dan menganggap status Anda lebih tinggi daripada lawan bicara. 

2.Banyak Mengangguk
Banyak orang yang menggerakkan kepala untuk mendapatkan persetujuan dari orang lain. Tapi jika Anda ingin tampak lebih kuat dari lawan bicara, batasi gerakkan kepala seminim mungkin.

3.Duduk
Jika situasi menuntut Anda untuk lebih terlihat berpengaruh atau kuat, lebih baik berdiri ketimbang duduk. Posisi duduk dapat mengirim pesan tak sadar tentang kekuasaan dan keunggulan. Namun, jika situasi tidak memungkinkan dan Anda ingin terlihat memegang kendali, Anda bisa duduk dengan menjulurkan kaki ke luar atau meletakkan kedua tangan di samping kursi.

4.Tangan Menutupi Perut
Banyak perempuan yang menyilangkan lengan untuk menyembunyikan pinggang lebar atau perut yang buncit. Padahal dalam komunikasi dengan relasi bisnis, menunjukan perut itu penting. Karena ini mengindikasikan Anda orang yang penuh percaya diri dan bisa dipercaya. Sebaliknya menyembunyikan perut dengan lengan bisa diterjemagkan sebagai pribadi yang berfikiran tertutup, menjauhkan diri dan tidak jujur.

5.Memainkan Rambut
Jika Anda tanpa sadar memainkan ujung-ujung rambut dengan jari tangan, sebaiknya hentikan kebiasaan Anda itu saat bertemu dengan relasi bisnis. Karena memainkan rambut dengan tangan menunjukan Anda kurang percaya diri.

6.Membetulkan Pakaian
Saat berada di tengah oang-orang yang tidak dikenal, Anda mungkin terbiasa membentulkan pakaian. Di mata orang lain gerakan ini mengomunikasikan keinginan Anda untuk tampak lebih meyakinkan dan meningkatkan rasa percaya diri. Kalau Anda tidak tahan ingin membentulkan pakaian, lakukan di dalam rest room atau tanpa terlihat calon klien. 

7.Kaki Menyilang
Perhatikan posisi kaki ketika duduk berhadapan dengan calon klien. Duduk dengan kaki disilangkan menunjukan Anda bosan dan ingin segera mengakhiri pertemuan. Segera ubah posisi duduk Anda. Duduklah dengan kaki sedikit terpisah guna menunjukan pesan Anda menikmati pembicaraan.

8.Terburu-buru Mencondongkan Badan
Ketika Anda akan mencondongkan badan secara bertahap. Mencondongkan badan terlalu cepat ke arah seseorang bisa menyebabkan reaksi negatif karena menciptakan rasa tidak nyaman dan ketidaksukaan kepada orang tersebut.

9.Buta Budaya Klien
Binis bisa berhasil jika Anda tahu budaya klien. Kenali cara mereka berguarau atau mengomentari sesuatu. Salah bercanda, you are a dead meat. Bagi Anda yang sering berhubungan bisnis dengan klien dari bangsa lain, sanagt disarankan untuk mempelajari bahasa tubuh dan gerakan mereka agar tidak terjadi salah persepsi dan komunikasi. 



1 komentar:

  1. topik yang menarik.lbh byk bhs topik seputar bisnis ok juga

    BalasHapus