Jumat, 01 Mei 2009

Manfaat Apel & Bluberry

A.Apel
Pasti pernah dong, mendengar pepatah barusan…buah yang jumlah sumber inspirasi Sir Isaac Newton dalam menciptakan hukum gravitasi ini memang menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan. Apel kaya akan serat. Manfaat apel bukan hanya menangkal penyakit ringan seperti influenza, konsumsi rutin apel mampu menurunkan resiko kanker, melawan radikal bebas, aman untuk diabetes, cegah serangan jantung, stroke & Osteoporosis. Kandungan apel antara lain :
1.Tannin
Fungsinya mencegah kerusakan gigi dan penyakit gusi yang disebabkan tumpukan plak. Tannin juga mencegah infeksi saluran kencing.
2.Fitokimia
Manfaatnya melindungi tubuh dari serangan jantung.
3.Vitamin C
Konsumsi apel tiga butir sehari dapat melindungi tubuh dari serangan virus influenza
Cara Memakan Apel
1.Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, apel lebih baik dimakan dalam keadaan segar dan bukan bentuk olahan (sari buah, pir atau keripik). Proses pengolahan dapat mempengaruhi komposisi kandungan gizi, tuh
2.Saat Makan Apel konsumsi juga bersama kulitnya. Kulit apel mengandung banyak serat dan antioksidan.
3.Untuk mencegah serangan serangga, apel terutama yang impor sering dilapisi lilin. Karena itu cuci apel sebelum dimakan. Langkah ini sekaligus untuk membersihkan debu, kotoran, maupun peptisida yang menempel.
4.Apel yang sudah terlalu matang (membusuk) disatu bagian tetap dapat dikonsumsi. Cukup potong saja yang sudah jelek.
5.Konsumsi jus apel beserta ampasnya, jangan disaring dan hanya diambil sarinya. Ampas merupakan `wujud` serat yang kaya manfaat.

B. Bluberry
Segudang manfaat bisa diperoleh buah bercita ras asam amnis ini. Sebuah penelitian menunjukan blubbery mengandung senyawa yang mampu melemahkan bakteri Escherichia coli, bakteri penyebab keracunan dan infeksi pada saluran kencing yang sering diderita wanita. Kabar baik lainnya, zat besi yang tinggi di dalam blueberi sangat baik dikonsumsi wanita, karena wanita memerlukan banyak zat pembentuk darah.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar