Minggu, 19 April 2009

Virus di Kantor

Merasa mendapat posisi bagus di kantor baru. Pertama kali merambah tempat kerjamu itu, hal pertama yang kamu lakukan adalah memperkenalkan diri serta beradaptasi. Macam-macam karakter yang mungkin saja kamu temui di tempat kerja manapun. Dan dengan mengenai sifat tiap orang di lingkungannya, kamu akan bisa memikirkan sikap yang pas buat menghalanginya.
1.Tipe Gunung Batu
Tipe ini menginginkan kemapanan, dia tak akan bergeming kalau sekitarnya terjadi perubahan. Dia justru merasa sebal dan kesal dengan segala macam perubahan yang terjadi meskipun untuk kebaikan bersama.
Solusinya :
Sebelum kamu melakukan perubahan, cobalah berdiskusi dengan tipe ini sekaligus melibatkan mereka dalam setiap rencana perubahan yang akan dilakukan. Kalau mereka terlibat di dalamnya, maka otomatis penolakan mereka akan berkurang.

2.Tipe Perfeksionis
Tipe ini memiliki standar yang tinggi dal kinerjanya. Begitu menandai, ada yang tidak sempurna maka ia bisa ngomel tak karuan. 
Solusinya :
Jangan menghindar dan cobalah bekerja dengan mereka. Tunjukan bahwa dia atas meja saat perencanaan tak sesuai dengan realita di lapangan.

3.Tipe Penyebar Gosip
Tipe ini merasa menjadi orang penting saat ia menyampaikan hal yang sebenarnya sepele. Namun dengan kemampuan yang terlatih ia akan membesarkan cerita tadi hingga terkadang melenceng dari hal yang sebenarnya. Akibatnya mereka yang mendengar akan segera beraksi.
Solusinya :
Secara langsung berikan informasi yang akurat dan lengkap kepada setiap karyawan. Kalau hal ini kamu lakukan, maka siapapun di sekitarmu tak tertarik lagi pada omongan tukang gosip. 

4.Tipe Penindas
Biasanya dia tidak memiliki posisi untuk memerintah karyawan lain, namun mungkin karena telah senior, maka ia dengan seenak hatinya acap memerintah karyawan lain.
Solusinya :
Segera bicarakan hal ini dengan koordinatormu, katakana bahwa kamu tak bisa menerima sikap ini yang jelas akan menggangu kinerjamu.

5.Tipe Penjegal
Misi utama tipe ini adalah selalu setuju dengan ide apapun dan dari siapapun. Ia merasa dirinya yang paling benar, dan dia akan mempertahankan hal itu dengan berbagai cara.
Solusinya :
Bersikaplah tegas dan jangan menyerah. Kalau ia mengkritik, cecar terus dengan alasan dibaliknya.

6.Tipe Tanpa Komitmen
Ia bekerja seenaknya sendiri, amupun sendiri, terkadang melanggar jadwal dan semacamnya, hingga menyulitkan rekan kerjanya dan merusak jadwal yang telah ditetapkan.
Solusinya :
Jangan segan untuk tetap mengawasi dan mengecek sampai dimana tugas yang telah dikerjakanya.

7.Tipe Pemerhati Detail
Pas dengan julukanya, maka tipe ini focus pada setiap detail namun terlampau berlebihan. Akibatnya efektivitas akan menurun.
Solusinya :
Hentikan dia mengulik hal yang detail, coba arahkan untuk melihat konteks masalah yang lebih besar.

8.Tipe Perajuk
Tipe ini bakal menolak tugas karena ia merasa bahwa itu bukan tugasnya.
Solusinya :
Dekati dan ajak bicara dari hati ke hati. Mungkin ai merasa kariernya mandeg hingga kehilangan semangat untuk bekerja. Ia butuh tempat curhat.

9.Tipe Kekanakan
Karena sikapnya yang sering ngambek, mengasingkan diri dan terkadang menangis saat ada teguran pada tugasnya, maka tipe ini dijuluki tipe kekanakan
Solusinya :
Dia butuh dukungan dan dorongan. Cek saja apakah tugas-tugasnya melebihi kapasitasnya hingga dia merasa stress dan tertekan.

10.Tipe Pengeluh
Tipe ini sebenarnya rajin, ia bakal mengerjakan tugas apa saja yang mengerjakan tugas apa saja yang diberikan padanya. Namun disamping itu, ia sering mengeluh bahwa sebenarnya terlalu berat, rekan kerja yang tak mau bekerjasama atau masalah dengan atasanya.
Solusinya :
Cobalah puji dia saat melakukan tugasnya dengan baik.

11.Tipe Pelempar Kesalahan
Karyawan model ini bukan tipe yang bisa bertanggung jawab. Kalau ada suatu kesalahan maka ia akan menimpakan hal itu pada rekan lainnya.
Solusinya :
Langsung tunjukan dalam realita yang ada bahwa kesalahan dan kekurangan yang ia buat adalah pangkal masalahnya



Tidak ada komentar:

Posting Komentar