Senin, 27 April 2009

Trik Diet Biar Nggak Gagal !

Langkah awal ketahui dulu berapa body Mass Index (BMI) atau Index Masa Tubuh (IMT). Ini adalah ukuran umum digunakan untuk menggolongkan seseorang pada kategori underweight (kekurangan berat badan), normal, Overweight (kelebihan berat badan) dan obesitas (kegemukan). 
Cara menghitung BMI sangat mudah, yaitu dengan membagi berat badan dalam kilogram dengan akurat dari tinggi badan dalam meter (kg/m). Dengan ukuran ini, belum tentu mereka yang terlihat agak gemuk ternyata kelebihan berat. Begitu sebaliknya. So, dari hasil BMI ini kalau kamu merasa kelebihan berat, tak perlu cemas. Ada tips special guna mengusir lemak yang kamu musuhi. Better prepare now, ladies.
BMI = Berat (kg)
  Tinggi (m)



Menjalankan diet demi memperoleh tubuh langsing (plus sehat) sering jadi salah satu resolusi kita di awal tahun. Sayangnya nih, niat tinggal niat sulit sih… menahan godaan…
Makanya, hindari hal ini :
1.Kenali Dulu Tubuhmu
Sebelum kamu diet ada baiknya kenali dulu tubuhmu sendiri. Biar nggak asal diet aja, kamu juga harus mengerti soal cara kerja tubuh dan jenis-jenis makanan yang cocok untuk melakukan diet. Jangan melakukan hal-hal yang ekstrim seperti nggak makan sama sekali demi mendapatkan tubuh kurus dalam waktu yang singkat

2.Kebanyakan Bengong
Sadar nggak sih, kalau waktu luang cenderung bikin kita mengunyah sesuatu? Ngaku deh, kita pasti sering membongkar isi kulkas untuk mencari cemilan. Makanlah cemilan saat kamu mau tapi makanlah dalam porsi yang kecil. Lakukan sesekali aja sampai kamu terbiasa dengan pola makan sehat tanpa ngemil. Guna menghindari godaan ini, cari deh kesibukan lain yang membuat kita lupa makan. Beres-beres kamar atau update facebook! Bisa jadi alternatif pilihan.

3.Ngumpul Terus
Biasanya kita paling sulit menahan godaan untuk memesan makanan kaya kolestrol dan lemak. Tahan keinginanmu untuk akan makanan yang mengandung lemak dan gula berlebih, contohnya junk food dan minuman bersoda. Kamu harus fokus sama program diet yang sedang kamu jalankan, jangan mudah tergiur dengan godaan-godaan yang ada. Belajar menahan diri dan membeli makanan berlemak rendah sekaligus perbanyak sayuran. Diejek? Cuekin aja…pasti mereka sirik kalau tubuh kita nantinya paling keren. . .

4.Cukupi Kebutuhan Nutrisi
Makan dalam porsi yang cukup dan mencakup tiga nutrisi yang dibutuhkan tubuhmu. Dan makan sedikit cemilan tiap hari untuk metabolisme yang lebih efisien. Tubuhmu biasa mendapat asupan gizi dan energy dari makanan, jadi kalau kamu pikir diet sama dengan nggak makan, itu salah besar! Karena tubuh akan lemas kalau nggak makan. Pilih makanan yang mengandung banyak serat supaya kamu nggak mudah merasa lapar. Serat bisa didapat dari kacanng hijau, buah-buahan dan sayuran.

5.Patah Hati
Diputusin si dia memang nggak menyenangkan dan membuat kita tenggelam dalam kesedihan dengan melampiaskan dengan makan sebanyak mungkin supaya pikiran kita nggak terfokus pada si dia. Menyibukan diri she boleh-boleh aja, tapi pilih kegiatan yang lebih `membakar kalori`. Mendingan berolahraga dengan sahabat, lumayan tuh bisa sekaligus menyalurkan emosi.

6.Nggak Realistis
Kita memang perlu target dalam melakukan sesuatu, termasuk berdiet, tapi kudu realistis! Daripada berharap berat tubuh turun hingga 10 kilo dalam sebulan, mendingan berusaha untuk menghilangkan 2 kilo dulu. Target yang terlalu tinggi malah bisa membebani kita dan membuat kita keburu cepat menyerah. Biar diet kamu terasa lebih berarti, hargai makanan yang kamu makan. Dengan begitu kamu akan lebih bersyukur dengan apa yang kamu punya dan nggak makan secara berlebihan. 

7.Lakukan Olahraga
Lakukan olahraga yang teratur supaya tubuhmu tetap bugar dan nggak terlihat lemah dan lesu. Olahraga juga bisa membuat kamu lebih semangat. Jangan takut dengan mitos yang menyatakan bahwa olahraga memicu datangnya lapar, itu sama sekali nggak benar. Justru dengan tanpa melakukan apapun kamu akan mudah merasa bosan dan berfikir untuk ngemil.

Pantang!
Menyiksa diri dengan tidak mengonsumsi makanan apapun dalam sehari (kecuali memang lagi mogok makan). Bukannya langsing, bisa-bisa kita kurus kering plus sakit-sakitan!
Membiarkan piring kosong alias menolak untuk makan saat hadir di pesta teman atau relasi. Sang tuan rumah bisa tersinggung, tuh. Diet kita nggak terganggu kok jika kita memilih makanan yang tepat seperti nasi plus ikan atau salad.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar