Sabtu, 18 April 2009

Investasi Untuk Masa Depan

A.Asuransi
Jangan nyangka asuransi hanya cocok untuk mereka yang telah berumur. Bagi kita, para kaum muda, asuransi bisa jadi salah satu jalur investasi. Banyak asuransi yang ditawarkan perusahaan-perusahaan asuransi dan beberapa bank yang punya produk asuransi. Ada beberapa tips untuk memilih asuransi. Simak yuks

Pilih asuransi :
1.Asuransi kesehatan. Biasanya yang memiliki produk ini adalah bank-bank
2.Asuransi kematian. Banyak perusahaan dan bank yang menawarkan bentuk asuransi ini. Asuransi ini cocok bagi kita yang bekerja dengan resiko tingkat tinggi. Enaknya kini sudah banyak asuransi kematian yang sudah dilengkapi dengan asuransi kesehatan. Jadi selain keluarga kita akan mendapatkan premi jikalau kita meninggal, kita pun bisa mengajukan premi jika dirawat di rumah sakit dengan nominal sesuai dengan program yang diambil
3.Asuransi plus investasi (Unit link)
4.Asuransi pendidikan. Bentuk asuransi ini sangat cocok bagi mereka yang sudah memiliki keturunan. Karena terkadang bunga bank tidak signifikan jika kita ingin menabung untuk pendidikan anak kita kelak.
Yang harus diperhatikan :
Pelajari setiap produk asuransi yang ada. info yang paling akurat adalah dari orang-orang sekitar yang sudah mengambil produk asuransi tersebut. Karena biasanya kalau dari agen asuransi yang dipaparkan tentu yang baik-baik. 

B.Unit Link 
Dana yang kita setorkan selain untuk asuransi jiwa, sebagian juga akan dialokasikan untuk investasi. Unit link banyk diminati karena return-nya yang tinggi, dimana return yang dikembalikan oleh perusahaan asuransi jauh lebih besar dari tingkat suku bunga deposito, yaitu sekitar 20-25% diatas suku bunga deposito. Strategi memilih unit link :
1.Perhatikan factor biaya : Biaya-biaya dalam unit link biasanya berupa biaya administrasi, biaya polis, biaya alokasi investasi dan biaya transaksi.
2. Product knowledge : pelajari produk unit link dengan pahami surat kontrak, pastikan apakah yang dipresentasikan agen sesuai dengan surat kontrak
3.Alokasi dana : Sebagai nasabah kita pnta jhak untuk penjelasana transparasi dana yang kita alokasikan. Pelajari pasar, akalu investasi yang kita pilih sedang menurun, kita dapat mengubah investasi lain yang lebih menguntungkan
4.Pengelola dana : pelajari track record dari perusahaan asuransi tersebut, jangan membeli bentuk investasi dari perusahaan yang tidak jelas.

C.Saham
Saham memang terkesan bisnis yang terlalu serius, tapi ternyata banyak juga kok anak muda yang mulai beralih ke bisnis ini. Karena memang keuntungan yang bisa diraih sangat mengiurkan dan kalaupun memang agak ragu kita bisa mempercayakan perusahaan sekuritas untuk mengelola dana kita untuk dimainkan dalam bentuk saham. Hal yang harus diperhatikan dalam saham yaitu :
1.Pelajari bagaimana mekanisme bermain saham dan pahami untung ruginya bermain saham. Jika masih ragu-ragu dan takut rugi sebaiknya bermain Reksa dana saja.
2.Pelajari setiap perusahaan yang sahamnya sedang dijual, bagaimana prediksi pasar ke depannya. Cari tahu track record perusahaan yang akan kita beli dan pilih industry yang kita sukai.
3.Coba dalam jumlah yang kecil dulu. Apalagi kondisi krisis global sedang melanda dunia. Jika masih ragu ada baiknya dalam jumlah kecil misalnya Rp 2jt – 5 jt dulu. Atau kalau memang memiliki banyak modal coba Rp 10 jt – 20jt . Jika mulai memahami bagaimana bermain saham dan dirasa saham tersebut diprediksi bagus coba tambahkan investasi perlahan-lahan.
Langkah-langkah bermain saham :
1.Cari tahu manajer investasi di perusahaan investasi (sekuritas) yang akan dipilih. Bisa dengan cek di website masing-masing perusahaan investasi (sekuritas).
2.Jika sudah yakin, kita bisa mendaftar jadi nasabah lewat online atau datang langsung ke kantor perusahaan investasi (sekuritas).
3.Daftar dari nasabah, nanti kita akan dibimbing oleh broker yang telah sekuritas tersebut.
4.Biasanya untuk membuka account kita harus mengeluarkan Rp 10jt (untuk jaminan bukan untuk diinvestasikan), baru menyetor dana untuk membeli saham (jumlah mimimal tergantung standar masing-masoing sekuritas, standarnya minimal Rp 10jt).
5.Jika tidak berani mengeluarkan dana besar, bisa coba patungan dengan keluarga atau teman. Namun tetap saja ketika mendaftarkan diri ke sekuritas harus menggunakan satu nama yang disepakati.

D.Reksa Dana
Reksa da adalaha sebuah bentuk investasi yang dilakkan secara kolektif (bersama-sama), dan investasi ini dikelola oleh sebuah perusahaan manajeman investasi. Keuntungan reksa dana memang menggiurkan karena dalm kurun waktusetahun bisa eturn 50%. Anmun jika kita melaakukannya di salah satu bank, maka pemotongan akan lebih besar karena selain untuk bank juga untuk manajer investasinya (biasanya 1%) sedangkan jika kita langsung ke pengelola keuangan biasanya hanya 0,5%.
Keuntungan Reksa dana :
1.Diversifikasi investasi memperkecil resiko : Besarnya dana yang dikelola memungkinkan reksa dana untuk mendiversivikasikan investasinya ke berbagai bentuk efek (saham, obligasi, pasar uang) sehingga dapat memperkecil resiko.
2.Kenyamanan berinvestasi : Biasanya reksa dana didukung oleh manajer investasi yang caliber dalam mengukur efek dan mempunyai informasi pasar dari berbagai sumber yang mampu mengambil keputusan untuk kepentingan permodalannya
3.Terjangkau : Dengan modal relative kecil (umumnya minimal Rp 100.000) kita sudah bisa membka rekening investasi di reks dana. Jadi memungkinkan untuk para investor kecil untuk mencoba.

E.Dinar Emas
Dinar adalah mata uang emas dengan berat 4,25 gram yang biasa digunakan di zaman dulu. Ukuran dinar yang seragam merupakn salah satu keunggulan ketika perlu uang tunai. Anda cukup menjual beberapa koin dinar anda.

Kelemahannya, ongkos cetak dinar masih relatif tinggi, yaitu antra 3%-5% dari nilai barang, tergantung jumlah pesanan. Ketika anda manjual kemabali, akan dikenakan baiaya adminstrasi dan penjualan sekitar4% dari harga pasar. Selain itu, kerana dsi Indonesia dinar masih dianggap sebagai perhiasan, penjual dikenakan PPN (sesui Keputusan Menteri Keuangan Republik Indoensia no 83/KMK.03/2002), jadi anda harus membayar PPN atas dinar yang anda beli.

Sementara untuk emas batangan, selain nggak kena PPn, bial anda membeli dlam jumlah kiloan nggak akan dikenakan biaya cetak, sehingga potongan biayanya nggak sebesar dinar. Karena itu, nilai jualnya lebih tinggi. Kekurangan emas batangan adalah kurang fleksibel, karena dibeli dalam jumlah kiloan. Saat anda butuh uang dan ingin menjual beberapa gram aja, emas batangan sulit dipotong-potong.

Pada prinsipnya, kedua investasi ini hampir sama karena harganya tergantung dari emas murni internasional. Unsur dari kedua investasi ini juga sama, yaitu emas murni. Perbedaan mandasar hanya pada desain dan ukuran.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar